News & Info

Post of The Month

Pop Up

Jumat, 15 Juni 2012
img

Trachoma adalah infeksi bakteri yang mempengaruhi mata. Bakteri yang menyebabkan trachoma menyebar melalui kontak langsung dengan mata, kelopak mata, atau hidung orang yang terinfeksi. Trachoma sangat menular dan hampir selalu mempengaruhi kedua mata.Jika tidak diobati dapat menyebabkan kebutaan. Trachoma merupakan penyebab utama kebutaan di seluruh dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa sekitar 8 juta orang di seluruh dunia telah tunanetra oleh trachoma.


Penyebab
Trachoma disebabkan oleh subtipe tertentu Chlamydia trachomatis, bakteri yang juga dapat menyebabkan penyakit menular seksual. Trachoma menyebar melalui kontak dengan cairan yang keluar dari mata atau hidung dari orang yang terinfeksi. Tangan, pakaian, handuk dan serangga semua bisa menjadi media penyebaran.

Gejala
Tanda-tanda utama dan gejala pada tahap awal trachoma adalah gatal dan iritasi mata dan kelopak mata, serta mata yang mengeluarkan lendir atau nanah. Ketika telah memburuk, akan menunjukkan tanda-tanda seperti: 1. Sensitif terhadap cahaya (fotofobia) 2. Penglihatan kabur 3. Mata sakit Anak-anak kecil sangat rentan terhadap infeksi, tetapi penyakit berlangsung perlahan-lahan, dan gejala lebih menyakitkan mungkin tidak muncul sampai masa dewasa.

Pengobatan
Hubungi dokter jika Anda atau anak Anda merasa gatal, iritasi atau keluar cairan dari mata, terutama jika Anda baru saja melakukan perjalanan ke suatu daerah wabah trachoma. Pilihan pengobatan trachoma tergantung pada stadium penyakitnya. Pada tahap awal dari trachoma, pengobatan dengan antibiotik saja mungkin cukup untuk menghilangkan infeksi. Dua obat yang biasanya digunakan adalah salep mata tetrasiklin dan azitromisin oral (Zithromax). Operasi merupakan pengobatan tahap akhir dari trachoma yang mungkin memerlukan pembedahan. Sumber: MayoClinic

0 komentar:

Information

089630694838

26A2FCFA

Arsip Blog